Selasa, 20 Oktober 2015

Analisis Skripsi (Bedah Skripsi)

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PIJAT BAYI
TERHADAP PRAKTIK PIJAT BAYI DI POLINDES
HARAPAN BUNDA SUKOHARJO
OLEH : RONA RIASMA OKTOBRIARIANI

A.      Sistematika Penulisan Skripsi
Skripsi terdiri atas tiga bagian, yaitu Bagian Awal (Prawacana), Bagian Pokok dan Bagian Akhir. Secara sistematis disajikan sebagai berikut.
1.      Bagian Awal Skripsi, terdiri atas;
a.         Sampul Berjudul
b.        Lembar Berlogo (sebagai halaman pembatas)
c.         Halaman Judul Dalam
d.        Persetujuan Pembimbing
e.         Pengesahan Kelulusan
f.         Pernyataan (keaslian karya ilmiah)
g.        Motto Dan Persembahan
h.        Kata Pengantar
i.          Sari
j.          Daftar Isi
k.        Daftar  Tabel
l.          Daftar Lampiran
2.      Bagian Pokok Skripsi terdiri atas beberapa bagian antara lain;
a.         BAB I. Pendahuluan, yang berisi:
1)      Latar Belakang Permasalahan
2)      Permasalahan
3)      Tujuan Penelitian
4)      Manfaat  Penelitian
5)      Sistematika Skripsi
b.        BAB II. Kajian Pustaka
1.      Landasan Teori
2.      Kerangka Teori dan Kerangka Konsep
3.      Hipotesis
c.         BAB III. Metode Penelitian
1.      Desain Penelitian
2.      Tempat dan Waktu Penelitian
3.      Populasi Penelitian
4.      Sample dan Teknik Sampling
5.      Kriteria Restriksi
6.      Pengalokasian subjek
7.      Definisi Oprasional
8.      Intervensi dan Instrumentasi
9.      Alur Penelitian
10.  Rencana Pengelolaan dan Analisis Data
d.        BAB IV. Hasil Penelitian dan Pembahasan
1.      Karakteristik Responden
2.      Analisis perbedaan Pretest dan Postest
e.         BAB V. Simpulan dan Saran
1.      kesimpulan
2.      saran
f.       DAFTAR PUSTAKA
g.      LAMPIRAN

HASIL ANALISIS

1.        Bagian Awal Skripsi
Bagian Awal Skripsi terdiri atas sampul berjudul, lembar berlogo, halaman judul
dalam, Persetujuan pembimbing, pengesahan kelulusan, pernyataan (keaslian karya ilmiah), Motto dan persembahan, kata pengantar, sari, daftar isi, daftar  tabel, daftar lampiran. Semua sudah tepat hanya saja penulisan judul seharusnya tidak lebih dari 12 kata. Penulis menulis judul sebanyak 14 kata.

2.        Kata Pengantar
Kata pengantar didalam skripsi ini berisi ungkapan puji syukur, ucapan terimakasih dan penghargaan kepada orang-orang dan lembaga yang telah membantu pelaksanaan penelitian dan penulisan skripsi. Ucapan terimakasih kepada seseorang ditulis secara lugas, langsung menyebutkan nama beserta gelarnya tanpa didahului kata Bapak/Ibu. Pada kata pengantar skripsi ini terdapat pernyataan bahwa skripsi masih terdapat banyak kesalahan atau kekurangan dan harapan kritik dari pembaca. Hal ini tidak tepat karena apabila dalam skripsi masih terdapat kesalahan maka seharusnya skripsi tersebut harus diperbaiki terlebih dahulu, karena skripsi merupakan karya ilmiah yang diuji. Teks kata pengantar sudah diketik dengan spasi rangkap dan tidak lebih dari dua halaman. Hal ini sudah tepat dilakukan karena sudah sesuai dengankaidah penulisan skripsi. Pada akhir teks kata pengantar seharusnya dicantumkan nama kota tempat skripsi akhir ditulis, tanggal, bulan, dan tahun dengan jarak spasi 4 baris terakhir dan ditulis pada bagian bawah kanan. Namun dalam skripsi ini tidak dicantumkan hal tersebut diatas sehingga kata pengantar dalam skripsi ini belum sesuai dengan kaidah penulisan. Kemudian dibagian paling bawah ditulis kata penyusun, tanpa disertai nama terang. Hal ini sudah terdapat dalam skripsi dan sudah sesuai dengan kaidah penulisan.

3.        Sari / Abstrak
            adalah suatu sinopsis yang menggambarkan isi keseluruhan laporan TA atau Skripsi yang meliputi minimal empat paragraf. Paragraf pertama berisi tema pokok atau uraian singkat topik TA atau Skripsi. Paragraf kedua berisi batasan tema pokok dan alasannya. Paragraf ketiga berisi Metoda atau Teknik yang dipakai dalam TA atau Skripsi. Paragraf keempat berisi hasil yang telah dicapai dalam TA atau Skripsi serta kesimpulan sementara. Abstrak ditulis dalam satu spasi.
Judul SARI / Abstrak seharusnya ditulis pada bagian tengah atas dengan huruf kapital tegak. Namun dalam skripsi ini penulisan SARI terletak pada bagian kiri atas. Dibawahnya diikuti nama penulis dengan aturan nama belakang terlebih dahulu, diikuti tanda koma,diikuti nama depan dan nama tengah. Namun pada skripsi ini penulisan nama belum tepat karena masih menggunakan nama dengan urutan sesuai nama asli. Setelah itu diikuti tanda koma, tahun lulus ujian, diikuti skripsi atau tugas akhir (ditulis miring), diikuti dengan kata Skripsi atau Tugas Akhir, nama Jurusan, Fakultas dan Universitas sudah tepat karena tidak ada yang disingkat. Kemudian seharusnya dicantumkan pula nama dosen pembimbing I dan II lengkap dengan gelar akademiknya, jumlah halaman. Antara bagian yang satu dengan yang lainnya dipisah dengan tanda titik. Namun dalam skripsi ini tidak dicantumkan. Baru setelah itu pada baris berikutnya dicantumkan kata kunci berkisar tiga sampai lima kata untuk komputerisasi sistem informasi ilmiah.
Bagian isi Sari sudah tepat karena meliputi latar belakang masalah dan tujuan, metode penelitian, hasil penelitian yang terpenting, kesimpulan/saran. Butir-butir tersebut ditulis dalam paragraph yang berbeda. Teks Sari ditulis dengan spasi tunggal (satu spasi) tidak lebih dari dua halaman.
Daftar isi, daftar tabel, daftar lampiran juga sudah sesuai metode penulisan karena diketik satu spasi (kecuali jarak antar bab pada daftar isi dibuat spasi rangkap), memuat nomor dan judul-judul, diikuti titik-titik sepanjang baris, diikuti nomor halaman tempat judul itu terdapat pada halaman skripsi.

4.        Bagian Pokok Skripsi
Bagian pokok skripsi sudah tepat yaitu terdiri atas bab pendahuluan, kajian pustaka, metode penelitian, hasil penelitian serta kesimpulan dan saran. Hasil penelitian disini dibuat sebanyak V bab sesuai banyaknya materi yang akan disajikan dan perlunya pemilihan materi.
Penulisan skripsi ini merupakan jenis Penelitian Kualitatif dengan pedoman penulisan sebagai berikut.
Struktur skripsi yang menggunakan penelitian kualitatif terdiri dari bagian awal, isi dan akhir skripsi. Bagian awal dan akhir pada dasarnya sama dengan struktur skripsi dalam penelitian kuantitatif. Bagian isi penelitian kualitatif diuraikan sebagai berikut.
a.         Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi:
1)      Latar belakang Masalah,pada skripsi yang saya amati ini yang menjadi latar belakang masalahnya adalah masih banyak orang tua bayi yang belum mengetahui manfaat lebih jauh dari pijat bayi dan belum memahami bagaimana memijat bayi yang benar sehingga tidak bisa melakukan pemijatan secara mandiri. Alasan orang tua memijatkan bayinya karena bayi sedang sakit batuk, rewel dan terjatuh. Maka dari latar belakang tersebut penulis ingin meneliti tentang pengaruh pendidikan kesehatan tentang pijat bayi terhadap praktik pijat bayi di Polindes Harapan Bunda Sukoharjo.
2)        Perumusan Masalah, pada penelitian kualitatif lebih diarahkan untuk menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa. Perumusan masalah difokuskan pada persoalan utama secara tegas dan jelas yaitu tentang pengaruh pendidikan kesehatan tentang pijat bayi terhadap praktik pijat bayi di Polindes Harapan Bunda Sukoharjo
3.      Tujuan Penelitian mengungkapkan hal yang ingin dicapai dalam penelitian dan menggambarkan langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencari jawaban atas masalah penelitian. Penulisan tujuan sudah tepat karena dirumuskan dengan kalimat yang jelas, operasional dan merupakan jabaran pemecahan masalah penelitian. Tujuan penelitian terdiri dari tujuan umum dan khusus.
4.      Kegunaan Penelitian sudah tepat sasaran karena ditujukan bagi pengembangan ilmu maupun bagi kepentingan praktis, diuraikan secara jelas. Uraian dalam sub-sub ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa masalah yang dipilih itu benar-benar penting untuk diteliti.
b.    Kajian Pustaka, Kerangka Teori atau Kerangka Berpikir
Kajian pustaka pada hakikatnya hasil penelitian seseorang bukanlah satu penemuan baru yang berdiri sendiri melainkan sesuatu yang berkaitan dengan temuan dalam penelitian sebelumnya. Dalam penelitian ini penulis menulis kajian pustaka dengan menggunakan beberapa dasar teori yang dapat mendukung penulisannya mengenai “tentang pengaruh pendidikan kesehatan tentang pijat bayi terhadap praktik pijat bayi di Polindes Harapan Bunda Sukoharjo” yaitu dengan menjelaskan teori dasar mengenaipendidikan kesehatan, praktik,  pijat bayi.
c.       Metode Penelitian
Menurut pedoman penulisan skripsi, bagian ini menguraikan tentang: (1) desain penelitian, (2) tempat dan penelitian, (3) populasi penelitian, (4) sample dan teknik sampling, (5) kriteria restriksi, (6) pengalokasian subjek, dan (7) definisi oprasional, (8) intervensi dan istrumentasi, (9) alur penelitian (10) rencana pengelolaan dan analisis data. Bagian-bagian tersebut harus diuraikan sesuai dengan apa yang dilakukan peneliti, terutama dalam penyusunan pelaporan. Uraian bagian ini tidak hanya bersifat konseptual atau teoritik, tetapi menyajikan uraian mengenai kejadian yang dilakukan oleh peneliti di lapangan. Misalnya untuk mendapatkan data yang objektif dilakukan dengan triangulasi. Secara teoritik ada empat macam triangulasi yaitu, (1) metode, (2) sumber, (3) peneliti, dan (4) teori. Namun penggunaan triangulasi sendiri juga tergantung kebutuhan materi yang akan disampaikan oleh peneliti. Peneliti sendiri menguraikan jenis triangulasi yang digunakan untuk menguji objektivitas data dengan triangulasi antara lain (1) lokasi penelitian, (2) fokus penelitian, (3) sumber data, dan (4) metode pengumpulan data.
d.      Hasil penelitian
 Hasil penelitian dan pembahasan dimuat dalam bab tersendiri, tetapi tidak harus dalam satu bab. Bisa dua bab atau lebih,bergantung kepada organisasi temuannya dalam pemecahan masalah. Yang penting adalah semua masalah harus ada jawabannya. Jawaban atas masalah yang dirumuskan di bab pendahuluan harus diuraikan dengan jelas, sistematis, dan tuntas.
Bab inti ini memang berisi hasil penelitian beserta penjelasannya Akan tetapi, tidak berarti bahwa judul bab ini Hasil Penelitian dan Pembahasan. Judul hendaknya dirumuskan sesuai dengan topik (judul) skripsi.
e.      Simpulan dan Saran
 Bab penutup merupakan bab terakhir skripsi, Isinya adalah simpulan dan saran. Dengan demikian, bab ini bisa dibagi dua sub bab.
Penyajian simpulan hendaklah sejalan dengan penyajian masalah,tujuan,dan uraian tentang hasil penelitian.Dengan demikian, masalah yang dikemukakan di bagian pendahuluan semuanya terjawab dan dengan jawaban itu semua tujuan telah tercapai. Uraian atau pembahasan masalah yang dilakukan secara panjang lebar dalam bab sebelumnya semuanya ada simpulannya.
Penyajian saran harus sejalan dan didasarkan pada simpulan atau temuan. Saran hendaklah disertai dengan argumentasinya. Kalau mungkin juga disertai jalan keluarnya. Saran dapat bersifat praktis atau pragmatis,dapat juga bersifat teoretis.Termasuk saran yang berharga adalah saran tentang perlunya dilakukan penelitian lanjutan, mengingat bahwa belum tentu semua masalah dapat dipecahkan secara tuntas dalam penelitian sekarang, atau setelah selesainya penelitian sekarang ini timbul masalah lain yang terkait.

5.      Bagian Akhir Skripsi
a.       Daftar pustaka : Urutan buku atau informasi situs Internet atau sumber lain.
Daftar pustaka adalah daftar buku atau referensi yang dijadikan rujukan dalam menulis skripsi. Adapun urutan/pola daftar pustaka adalah : nama penulis, tahun terbitnya buku yang dirujuk, judul buku yang dirujuk, kota buku itu diterbitkan, dan nama penerbit yang menerbitkan buku itu atau di singkat NA-TA-JU-TA-PI
Sebagai contoh dalam daftar pustaka skripsi ini adalah sebagai berikut :
Notoatmodjo, 2005. Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta:
Jakarta.
Menurut pendapat saya penulisan daftar pustaka seperti itu kurang tepat karena penulisan penerbit mendahului kota terbit yang seharusnya kota terbit dahulu baru penerbit. Dan untuk penulisan nama dalam daftar pustaka diakhiri dengan titik bukan koma. Untuk judul buku dalam daftar pustaka sudah tepat karena tercetak miring.
Contoh penulisan daftar pustaka yang baik dan benar :
Buku oleh satu pengarang
Austin, J.L. 1962. How to Do Things with Words. Oxford: Oxford University Press.
Schiffrin, D. 1994. Approaches to Discourse. Massachusetts: Blackwell Publishers.
Grisham, J. 1994. The Pelican Brief. New York: Warner
Buku oleh dua atau tiga pengarang
Brown, P. dan S.C. Levinson. 1987. Politeness: Some Universals in Language Usage. London: Cambridge University Press.
Hewson, L. dan J. Martin. 1991. Redefining Translation: The Variational Approach. London: Routledge.
Buku oleh lebih dari tiga Pengarang
Alwi, H. et al. 1993. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (2nd ed.). Jakarta: Depdikbud RI.
Apabila sumber pustaka berupa artikel jurnal online, ditulis dengan urutan: Nama Penulis. Tahun. Judul Artikel (Ditulis miring). Alamat Website. <Tanggal diunduh>.
Contoh:
Tuhulele, P. 2009. Urgensi Penamaan Pulau. http://www.unpati.ac.id/olsupp/FH/HKM1112/Urgensi-penama-an-htm. <diunduh tanggal 2 Juli 2010>.
b.      Lampiran-lampiran, sesuai kasus TA./ Skripsi


5 komentar: